TENTANG KAMI

MANIFESTO MEDIA/PRINSIP DAN HALUAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN

CITA-CITA - Penting Bicara Benar. Tiga kata itu yang membuat media ini ada. Media ini gandrung pada kebenaran (pun keadilan). Media ini gigih pada hal yang penting. Media ini teramat sangat mencintai kemerdekaan berbicara. Tentang fakta-fakta—juga manusia.

Mencintai kebenaran berarti mencintai fakta. BICARA BENAR. BICARA FAKTAApa adanya. Media ini adalah tempat berhimpun para wartawan dan profesional yang ingin mengembangbiakan kemerdekaan, kebenaran, pun keadilan. Di mana-mana, sampai ke titik terjauh yang bisa dijangkau dunia. Membudidayakan cerita yang berdasar fakta. Bercita-cita menjadikan kebenaran sebagai pilar kehidupan.

Media ini juga yakin dan menjunjung tinggi prinsip hak asasi manusia. Tak ada tempat untuk segala pikiran, tindakan, dan kelalaian yang menjerembabkan hak dasar manusia. Media ini membuang jauh-jauh diskriminasi suku, agama, ras, antargolongan (SARA); kebencian antarsesama; kekerasan dalam segala bentuk; penindasan yang kuat terhadap yang lemah; kebohongan dan manipulasi dalam segala wujud. Media ini menentang kemunafikan berbalut apapun juga.

Media ini percaya, kebenaran yang bertumbuh sebiji demi sebiji akan kekal bergaung suaranya sampai ke seluruh dunia

INDEPENDENMedia ini independen. Pemiliknya independen. Wartawannya independen. Seluruh karyawannya independen. Media ini tak ada urusan dengan perebutan kekuasaan politik, gontok-gontokan jabatan publik, rivalitas bisnis, perebutan pengaruh antar-kelompok. Kami bebas nan merdeka. Bersuara menurut hati nurani, tidak ditekan-tekan, tidak diarah-arahkan. Media ini cuma membawa dan bersuara sedekat-dekatnya dengan kepentingan masyarakat umum. Kebaikan publik.

KODE ETIK. Wartawan dan profesional media ini patuh pada kode etik profesi. Kode Etik Jurnalistik untuk wartawan, yang terutama. Media ini menjunjung tinggi dan tunduk pada hukum yang berlaku dengan segala konsekuensinya. Kode etik profesi dan kepatuhan pada hukum adalah mahkota yang harus dijaga sampai kapanpun.

PROFESIONAL DAN CERDASMedia ini tidak main-main dengan kecakapan moral, intelektualitas, integritas. Wartawan media ini akan bekerja profesional, terampil, laksana pencetak sejarah yang akan dikenang karyanya hingga ujung hayat. Tidak akan ada cerita bohong, dikarang-karang, "sampah" (hoax), takhayul, jiplakan; karya jurnalistik terbaik akan dihasilkan oleh wartawan yang terbaik. Karya jurnalistik yang jeli mencium kedalaman fakta, kekayaan sudut pandang, dikisahkan dengan terampil, disajikan dengan akurat dan berimbang. Ini semua tidak bisa ditawar-tawar lagi.

KERJA JUJUR DAN KERASMedia ini berorientasi bisnis. Bukan media milik kelompok/golongan tertentu. Bukan media alat propaganda. Bukan media yang disusupi kepentingan kekuasaan dalam segala bentuknya. Media ini tidak dihidupi dari cara-cara semacam itu. Media ini hidup dari bisnis karya jurnalistik yang bermutu. Media ini hidup dari interaksi profesional-bisnis. Media ini hidup dari iklan, jasa informasi, penyelenggaraan kegiatan lain-lain, yang tidak melenceng dari semangat dan cita-cita ideal sebuah institusi media massa.