Jakarta - Pesta pergantian tahun yang akan berlangsung beberapa jam lagi di Monas, Jakarta Pusat, dipastikan bakal meriah. Bahkan, jika tahun sebelumnya tidak ada pesta kembang api, untuk tahun ini pesta kembang api dengan 900 kali ledakan siap menerangi malam di langit Monas.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Fatahillah, mengakui pada tahun sebelumnya di kawasan Monas tidak ada pesta kembang api. Untuk tahun ini kembang api yang disiapkan berdiameter 1,2 inci yang akan menyala selama sembilan menit dengan 900 ledakan. "Diharapkan dengan adanya pesta kembang api, warga Jakarta dapat terhibur," kata Fatahillah, saat ditemui di Monas, Sabtu (31/12).

Pesta kembang api akan dipusatkan di dekat Patung Ikada atau sekitar air mancur Monas. Kembang api mulai dinyalakan tepat pukul 00.00. "Diperkirakan pengunjung Monas saat malam Tahun Baru mencapai 70 ribu orang," beber Fatahillah.

Untuk pengamanan di jantung kota ini, disiagakan sebanyak 1.200 petugas gabungan dari Satpol PP, kepolisian, Brimob, dan Pasukan Berkuda. Petugas akan berjaga di setiap pintu masuk Monas. "Ada lima pintu masuk, masing-masing dijaga 20 petugas. Petugas lainnya menyebar," ujarnya.

Selain itu, pengamanan di wilayah Jakarta Pusat juga difokuskan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan depan Istana Negara yang memang kerap dijadikan pusat perayaan malam Tahun Baru. Sedangkan untuk pengamanan di tempat-tempat ibadah seperti di gereja, tetap dilakukan secara ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta bersama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat juga menyediakan dua unit mobil pemadam kebakaran di kawasan Monas. Kemudian dua unit mobil ambulans dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga siaga di kawasan Monas.

"Semuanya sudah dikoordinasikan dengan baik dan disiagakan dengan baik, mengingat malam ini pasti terjadi lonjakan pengunjung. Semoga semuanya berjalan lancar," jelas Fatahillah, dikutip beritajakarta.com.

Pihaknya juga menyiagakan petugas kebersihan sebanyak 200 orang, untuk menyisir sampah sisa malam Tahun Baru. Petugas akan mulai bekerja pada pukul 03.00 dini hari. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya volume sampah di kawasan Monas bisa mencapai 5 ton.

BACA JUGA: