JAKARTA - Earthworm Foundation (eks The Forest Trust) menyatakan telah lebih dari 20 tahun bekerja sama dengan perusahaan, pemerintah, masyarakat dan organisasi masyarakat sipil untuk menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik.

“Kampanye bukanlah pola bisnis kami, dan kami tidak mendukung aktivitas politik apapun,” kata Arief Perkasa, Lead dari Earthworm Foundation, dalam keterangan melalui surat elektronik yang diterima oleh Gresnews.com, Selasa (10/9). Keterangan tersebut merupakan tanggapan Earthworm Foundation terhadap berita berjudul Potret Pendanaan di Balik Kampanye Sawit LSM Indonesia (1) yang tayang pada Selasa, 3 September 2019. 

Di Indonesia, kata Arief, seperti halnya di lokasi kerja lainnya di seluruh dunia, salah satu program yang diterapkan di lapangan adalah untuk membantu masyarakat dalam pengembangan kapasitas dan mendapatkan penghasilan tambahan.

“Pendanaan untuk program-program ini berasal dari perusahaan dan donor mitra kami. Salah satu mitra tersebut adalah Norwegian Agency for Development Cooperation (NORAD), dan kami telah berkolaborasi bersama dalam memberikan dukungan kepada para petani sawit sehingga mereka lebih mampu mengakses sumber pendapatan dan memastikan kesejahteraan keluarga mereka. Kegiatan finansial kami secara reguler diaudit oleh lembaga keuangan independen, sebagai bagian dari etika dan komitmen kami terkait transparansi, yang sejalan dengan para mitra dan donor kami,” kata Arief. (G-1)

BACA JUGA: