JAKARTA - Indonesia kedatangan para perencana kota dari berbagai negara di dunia. Mereka mengikuti Kongres Perencana Kota Sedunia ke-55 (The International Society of City and Regional Planners/ISOCARP). Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) sebagai penyelenggara mendatangkan setidaknya 250 perencana kota dari 40 negara. Peserta disambut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (9/9), di Jakarta.

Technical Tour adalah kegiatan pertama. Peserta mengunjungi Kota Tua, Dukuh Atas, dan Kampung Akuarium. "Akan ada banyak pengalaman terkait perencanaan kota yang bisa kita dapat dari mereka," kata Ketua IAP Bernardus Djonoputro kepada Gresnews.com.

Sekretaris Jenderal IAP Hendricus Andy Simarmata mengatakan kegiatan ini adalah pertama kalinya Kongres Perencana Kota Sedunia dilaksanakan di Asia Tenggara dan Jakarta-Bogor terpilih menjadi tuan rumah. Kedua kota itu merupakan kota yang paling dinamis dalam perkembangannya.

Andy menjelaskan tema kongres adalah Beyond the MetropolisDiharapkan pelajaran yang bisa diambil oleh para profesional perencana kota di seluruh dunia, seperti bagaimana memanfaatkan urbanisasi yang cepat, integrasi transportasi multimoda, pengelolaan air secara terpadu, dan pemanfaatan ruang.

Sementara itu, Presiden ISOCARP Martin Dubbeling mengatakan Jakarta adalah kota yang paling menarik di Asia Tenggara, sebab memiliki penduduk hampir 10 juta jiwa dan memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan kota-kota penyangga di sekitarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik kehadiran para profesional perencana kota di Jakarta. Anies berharap para perencana kota juga dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi kota Jakarta. "Konsep City 4.0 yang diusung hari ini memungkinkan masyarakat untuk berperan serta dalam perencanaan dan pembangunan kota,” ujar Anies.

Ikatan Ahli Perencanan Indonesia (disingkat IAP) adalah satu-satunya organisasi profesi perencana kota dan wilayah di Indonesia. Didirikan pada 13 April 1971 di Jakarta, saat ini IAP memiliki 26 kepengurusan yang tersebar di 26 provinsi dan 1.500-an perencana yang bersertifikat dari total 3.500-an anggota. Saat ini IAP adalah asosiasi profesi perencana kota dan wilayah dengan anggota yang paling banyak di kawasan Asia Pasifik.

ISOCARP adalah asosiasi global yang menaungi para perencana profesional dan praktisi bidang perencanaan wilayah dan kota, merupakan organisasi nirlaba yang diakui dan terafiliasi ke PBB, UNHCS/UB-HABITAT dan Dewan Eropa. Didirikan tahun 1965, ISOCARP saat ini memiliki lebih dari 700 anggota perencana individu dan 40 anggota institusi dari lebih 85 negara.

Setiap dua tahun, ISOCARP menyelenggarakan kongres untuk menentukan sikap dan komitmen terhadap penguatan pengetahuan terkini sesuai dengan visi Knowledge for Better Cities. Akhir 2017, kongres ke-54 diadakan di Norwegia, dan baru China yang berkesempatan menjadi tuan rumah kongres. Saat ini, sekitar 200 anggota individu dan lebih dari 10 anggota institusi dari 24 negara di Asia yang menjadi anggota ISOCARP, termasuk Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP). (G-2)

BACA JUGA: