Polisi menyediakan pengawalan cuma-cuma bagi masyarakat atau nasabah perbankan yang akan mengambil uang di ATM/bank dengan jumlah besar untuk keperluan tunjangan hari raya.

"Silakan minta pengawalan. Caranya hubungi Polsek atau Polres terdekat. Kami sediakan pengawalan mulai dari ke bank sampai kembali dari bank secara cuma-cuma," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Jakarta, Minggu (5/8).

Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab sebelumnya juga mengimbau masyarakat yang ingin mengambil uang di bank menjelang Lebaran dalam jumlah besar untuk meminta pengawalan polisi.

Pada tahun lalu, misalnya, perampokan dengan menggunakan senjata api terjadi di Jakarta Timur. Kali ini korbannya PT Khalatam, sebuah perusahaan pupuk di Ruko Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur.

Perampok yang berjumlah empat orang membawa kabur uang Tunjangan Hari Raya (THR) sebanyak Rp87,5 juta. Peristiwa sendiri terjadi di area pertokoan Ruko Linggar Jati Jalan Kayu Putih Tengah I Blok A2 Rt. 07/07, Pulogadung, Jakarta Timur.

Kejadiannya bermula ketika Hidayat (57), seorang karyawan PT Khalatam yang dipercaya mencairkan cek sebesar Rp87,5 juta di BCA cabang Kelapa Gading. Uang tersebut akan dibagikan kepada karyawan sebagai THR. Hidayat berangkat seorang diri menggunakan mobil Mitsubishi Kuda bernopol B 2592 WJ.

BACA JUGA: