JAKARTA, GRESNEWS.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menilai, rencana Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang dalam waktu dekat ini ingin membentuk Tim Sembilan tak diperlukan. Walaupun berdasarkan tujuannya cukup baik yakni untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja PSSI yang selama ini dinilai minim gelar di berbagai level kompetisi.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Djamal Aziz menyebutkan PSSI sejauh ini masih terus memantau perkembangan dan kejelasan soal rumor Tim Sembilan. Namun, Djamal mengaku hingga saat ini PSSI belum melihat adanya tanda-tanda dan kepastian dari pembentukan tim tersebut.

Mengenai kesigapan PSSI, lanjut Djamal, pihaknya akan siap sedia dan bersikap profesional dalam hal menerima evaluasi atau penilaian pemerintah terkait kompetensi dan kapasitas kinerja PSSI. Djamal juga menambahkan, sebaiknya spekulasi tim Sembilan yang beredar saat ini jangan ditanggapi secara berlebihan oleh masyarakat.

"Tim sembilan itu kan baru wacana dan sampai sekarang belum lahir. Saya pikir apabila nanti toh akan didirikan, kita bisa tahu siapa pihak-pihak sebenarnya dibalik tim sembilan dan bagaimana track record orang-orang ini," ujar Djamal saat ditemui Gresnews.com di Warung Daun, Cikini, Sabtu (20/12).

Berdasarkan rule of game yang dilimpahkan Badan Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA, Djamal menegaskan PSSI tidak bisa diintervensi atas dasar kepentingan segelintir pihak apalagi berorientasi politis.

"Saya minta pemerintah jelaskan dulu latarbelakang intervensi Tim Sembilan ini sebenarnya seperti apa. Harus paham bahwa PSSI berada langsung dibawah naunagn FIFA dan semuanya telah diatur dalam statuta," ungkap Djamal.

Pada kesempatan sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Djohar Arifin. Djohar mengungkapkan, sebagai ketua PSSI, dirinya sampai saat ini belum mendapat informasi dan keterangan resmi dari Menpora mengenai rencana pendirian Tim Sembilan yang digadang-gadang akan mengawasi kinerja badan sepakbola Indonesia.

"Untuk hal ini kami dari PSSI enggan berkomentar banyak karena belum ada kejelasannya. Namun yang pasti, PSSI belum diajak membahas tindaklanjut pembentukan Tim Sembilan," tandas Djohar.

BACA JUGA: