JAKARTA, GRESNEWS.COM - Teror terhadap keamanan disekitar kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Timika, Papua terus saja terjadi. Kali ini Pos satgas Brimob di Mile 66 dan Mile 67 menjadi sasaran penembakan pihak tak dikenal.Hingga polisi pun menetapkan status siaga satu di Tembaga Pura.

"Saat ini telah dilakukan siaga satu di Tembagapura karena setelah penembakan terhadap Pos Satgas Brimob pada Minggu pagi," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan, Minggu (29/10).

Menurut Kamal aksi penembakan tidak hanya berlangsung pada pagi hari, siang hari aksi penembakan juga terjadi.  Menurutnya ada 3 kali suara tembakan yang terdengar.

"Pada sidang harinya sekira pukul 14.00 WIT kembali terdengar bunyi tembakan sebanyak 3 kali yang diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata di arah barat, kurang lebih 400 meter dari Mapolsek Tembagapura," jelas Kamal.

Diungkapkannya, pada kejadian siang itu, anggota tim khusus yang bersiaga di Mapolsek Tembagapura sempat membalas tembakan. Setelah itu, tembakan dari arah yang sama kembali dilakukan sebanyak 2 kali dan juga kembali dibalas oleh polisi.

Berselang 30 menit kemudian, pihak Freeport sempat menyalakan alarm sirene Kota Tembagapura. Alarm itu bertujuan agar warga tidak keluar rumah.

Pada pukul 15.00 WIT, warga Kampung Utikini Lama menyampaikan informasi kepada  polisi bila kelompok yang melakukan penembakan itu bersiaga di kanan-kiri jalan di atas pos keamanan. Mereka disebut bersembunyi di semak-semak.

"Sampai saat ini kepolisian bersama TNI masih bersiaga di Mapolsek Tembagapura sambil menunggu penambahan pasukan Brimob maupun TNI untuk mem-back up personel yang ada," kata Mustofa.

Selama 2 pekan terakhir, teror penembakan terjadi di wilayah itu. Seorang anggota Brimob, Briptu Berry Permana Putra, tewas ketika melakukan penyisiran di markas kelompok itu.

Kelompok pelaku tak hanya menyerang aparat, mereka juga beberapa kali menembaki kendaraan operasional perusahaan seperti mobil ambulans. Beberapa hari lalu, seorang ibu yang baru melahirkan terkena tembakan di pahanya ketika menumpang ambulans. (dtc/rm)

BACA JUGA: