JAKARTA, GRESNEWS.COM - Selain menggenjot penerbitan sertifikat untuk tanah masyarakat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggiatkan penerbitan sertifikat terhadap tempat-tempat peribadatan.

Sebagai langkah awal pemerintah telah menerbitkan dan menyerahkan 490 sertifikat untuk masjid dan musholla di Sumatera Selatan. Penyerakan itu dilakukan presiden bersamaan dengan kunjungannya di Sport Center Convention Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/1) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan kebahagiaannya karena pada kesempatan itu telah  diserahkan 490 sertifikat untuk masjid dan musholla. Ia menegaskan, program pemberian sertifikat untuk tempat-tempat ibadah ini akan dilakukan di semua provinsi, karena banyak tempat-tempat ibadah yang belum bersertifikat.

"Ini akan kita sertifikatkan semuanya, baik masjid, baik mushola, kemudian gereja, vihara, klenteng. Semuanya akan kita sertifikatkan," ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip setkab.go.id.

Presiden mengatakan, pemberian sertifikat untuk tempat-tempat ibadah seperti masjid, mushola, gereja, vihara, dan sebagainya itu, akan menjadi tanda bukti hak hukum atas tanah yang ada, sehingga nantinya akan memudahkan pengurus tempat ibadah dalam  menyelesaikan masalah-masalah yang ada di internal. (rm)