JAKARTA, GRESNEWS.COM - Merayakan malam tahun baru dan car free night malam pergantian tahun baru di Kawasan Puncak Bogor, Polres Bogor berencana menutup Jalan Raya Puncak mulai petang nanti. Penutupan jalur dilakukan dimulai pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB pada Senin, 1 Januari 2017.

Untuk itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau masyarakat yang hendak menuju kawasan Puncak, Bogor, tidak nekat pergi saat CFN diberlakukan. Dia meminta masyarakat untuk tidak menuju Puncak mulai hari ini pukul 12.00 WIB.

"Mulai (diterapkan) pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Tidak ada kendaraan yang naik maupun turun, tidak ada. Saya imbau kepada masyarakat untuk sebelum jam 12.00 WIB nggak usahlah naik lagi ke atas. Begitupun kendaraan yang dari arah Cianjur mau ke bawah. Ini car free night yang pertama kali di sana," ujar Tito di RS Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12).

Namun polisi menghimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan disekitar kawasan itu untuk bisa menggunakan jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan saat puncak ditutup.

"Ada jalur alternatif yang bisa digunakan masyarakat ketika Puncak ditutup agar tidak terjebak di kemacetan," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Jumat (29/12).

Beberapa jalur alternaif yang bisa ditempuh antaralain:
- Melalui Jalur Cibubur (Kendaraan dari arah Jakarta yang mengarah Puncak/Cianjur dialihkan melalui jalur Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong-Cianjur), Jalur alternatif berjarak 86,1 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 45 menit.

- Melalui Jalur Caringin, Sukabumi. (melalui jalur Ciawi-Caringin-Cijeruk-Cicurug-Cibadak-Sukabumi Kota-Cianjur. Jarak rute tersebut mencapai 86,6 km dengan waktu tempuh 3 jam 45 menit.)

Sementara bagi warga masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di Kawasan Puncak Kepolisian juga telah menyiapkan kantong-kantong parkir untuk menampung pengunjung kawasan puncak yang diperkirakan akan membludak.


"Ada lima titik kantong parkir. Warga bisa menaruh kendaraan di kantor parkir yang sudah disediakan," ujar  Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Rendy Setia Permana, Sabtu (30/12).

Lima titik kantong parkir tersebut berada di Brasco FO di Jalan Raya Cimacan, Rumah Makan Rindu Alam 2 Jalan Cimacan, DSE FO Jalan Cimacan, Rumah Makan Simpang Raya 1 Jalan Cipanas, dan Rumah Makan Simpang Raya 2 Jalan Cimacan. Total, 160 kendaraan bisa diparkir di 5 lokasi tersebut.

Selanjutkan dengan ditutupnya akses jalan dan gelaran car freeday maka kepolisian akan menyediakan shuttle bus. Akan ada dua bis dengan kapasitas 34 penumpang yang akan mondar mandir melayani penumpang dijalaur Puncak. (dtc/rm)