JAKARTA, GRESNEWS.COM - Alih-alih pulang untuk menyelesaikan persoalan hukumnya. Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Syihab justru memperpanjang masa pelariannya. Rizieq diinformasikan tengah mengurus perpanjangan izin tinggal kepada pemerintah Arab Saudi setelah visa kunjungan dinyatakan habis masanya.

Kuasa hukum Habib Rizieq Syihab, Sugito Atmo Prawiro, menyatakan kliennya kemungkinan batal pulang ke Indonesia pada 17 Ramadan atau 12 Juni nanti seperti janjinya. Rizieq disebut-sebut sedang mengurus perpanjangan visa.

"Ada dua opsi, pertama, sekarang lagi urus perpanjang visa untuk long stay, long stay kan bisa karena undangan Arab Saudi atau alasan tertentu," kata Sugito, Rabu (7/6).

Sugito mengatakan saat ini pihak Arab Saudi telah mengetahui kasus Rizieq telah menjadi isu nasional dan internasional. Menurutnya pihak Saudi, juga mengetahui kasus tersebut sudah dikondisikan mengarah ke politis, bukan yuridis.

"Kemungkinan bisa Arab Saudi keluarkan visa long stay," tuturnya.

Diungkapkan Sugito, memang Rizieq sebelumnya pernah menyatakan akan pulang ke Indonesia pada 17 Ramadan nanti. Namun perkembangan terakhir ia menyatakan membatalkan rencana tersebut. "Habib saya tanya, ´Pak Gito nunggu situasi dan keadaan terbaik. Saya sepertinya tanggal 12 Juni atau 17 Ramadan ini belum´," kata Sugito, menirukan ucapan Rizieq.

Sebelumnya kepolisian telah menaikkan status Rizieq dari saksi menjadi tersangka dalam kasus percakapan via WhatsApp berkonten pornografi yang diduga melibatkan dirinya dan Firza Husein.

Namun menurut Sugito, Rizieq menghadapi penetapannya sebagai tersangka dengan ´sangat santai, nggak ada beban´.
 Menurutnya ini adalah fitnah yang harus dihadapi, dan tidak ada yang dikhawairkan sedikit pun.(dtc/rm)


BACA JUGA: