Pemerintah resmi mengairi Waduk Jatigede Sumedang Jawa Barat Senin, (31/8) ini. Banyak kisah muram sebagai dampak dari pembangunan waduk terbesar kedua setelah Jatiluhur tersebut. Dari belum tuntasnya ganti rugi yang diberikan pemerintah, ada pula ribuan tepatnya 1600 hektar lahan produktif yang musnah tenggelam hingga terbengkalainya pendidikan akibat puluhan sekolah yang terpaksa dibongkar.

Belum lagi ada puluhan situs peninggalan sejarah kerajaan Tembong Luhur yang harus direlokasi serta situs dan makam-makam yang terpaksa dibongkar dan dipindahkan. Terbengkalainya sektor pendidikan akibat digenangi nya waduk Jatigede ini salah satu nya dirasakan oleh SD Jemah Kecamatan Jatigede.

Menurut seorang guru di sekolah tersebut Tete Yosep Wikanta yang ditemui gresnews.com di lingkungan sekolah mengatakan bahwa murid-muridnya sudah pindah sejak dua minggu lalu. "Mereka semua pindah mengikuti orangtua masing-masing, ya terpaksa pindah karena rumah mereka juga bakal tergenang air waduk," kata Yosep.

Yosep menambahkan pemerintah seharusnya menunda dahulu penggenangan waduk Jatigede karena banyak warga belum menerima uang relokasi. "Masih banyak persoalan, itu Pak Jokowi tahu tidak soal kondisi sebenarnya di lapangan? nyatanya kondisi di lapangan ruwet seperti ini," keluhnya. Sekolah Dasar Jemah kini kondisinya memprihatinkan. Sekolah yang biasanya ramai dengan kegiatan belajar mengajar sekarang tampak sepi, ruang kelas pun terlihat kosong brantakan.

Tercatat ada 28 desa di Kecamatan Darmaraja, Wado, Jatigede dan Jatinunggal yang terkena dampak genangan. Desa Jemah Kecamatan Jatigede, merupakan desa yang pertama kali digenangi air Sungai Cimanuk. Di kecamatan Jatigede ada lima desa yang terendam, yaitu Desa Jemah, Ciranggem, Mekarasih, Sukakersa dan Cijeungjing. Kecamatan Jatinunggal hanya ada dua desa, yaitu Desa Sirnasari dan Pawenang. Kemudian Kecamatan Wado, Desa Wado, Padajaya, Cisurat, dan Sukapura.Sementara desa yang paling banyak terendam berada di Kecamatan Darmaraja. Ada 13 desa yaitu Desa Cipaku, Pakualam, Karangpakuan, Jatibungur, Sukamenak, Leuwihideung, Cibogo, Desa Sukaratu, Tarunajaya, Ranggon, Neglasari, Darmajaya. Di Kecamatan Cisitu, Desa Pajagan, Ciguntung, Cisitu, dan Sarimekar tergenang Bendungan Jatigede. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: