SISIK MELIK DEBAT PUTARAN SATU PILKADA DKI




Isu penggusuran menjadi tema yang hangat di awal-awal debat berlangsung.


Proses pemilihan kepala daerah Provinsi DKI Jakarta akhir pekan ini memasuki tahapan debat pasangan calon yang ditunggu-tunggu oleh publik di ibu kota negara RI. Para calon kepala daerah DKI Jakarta dengan pakaian khas kampanye masing-masing terlihat bersemangat mengikuti debat kandidat yang digelar KPU Jakarta untuk pertama kalinya pada Jumat (13/1).

Tiga calon kepala daerah DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saeful Hidayat dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno beradu gagasan untuk mewujudkan Jakarta yang lebih baik. Debat yang digelar ini, merupakan yang pertama kalinya ketiga calon (kandidat) bertemu, setelah sebelumnya, sejumlah debat yang digelar oleh sejumlah televisi swasta tidak mampu menghadirkan ketiganya.

Debat kandidat kali ini sekaligus merupakan pemunculan pertama kalinya bagi pasangan dengan nomer urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni. Para pendukung dari ketiga calon pun bersorak saat masing-masing pasangan calon DKI 1 naik ke atas panggung dan mulai memamparkan program masing-masing dalam debat tahap pertama yang bertema "Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta" yang dipandu oleh jurnalis senior Ira Koesno.

Ketiga calon pemimpin Jakarta ini dengan luwes memaparkan visi-misi mereka untuk kota Jakarta ke depan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para pasangan calon kepala daerah disusun oleh empat orang panelis, yaitu sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati, Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriyatna dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Aceng Rahmat.

Isu penggusuran menjadi tema yang hangat di awal-awal debat berlangsung. Pasangan Agus - Sylvi memiliki visi untuk menjadikan Jakarta yang lebih maju, aman, adil dan sejahtera. Pasangan ini berjanji untuk membangun Jakarta tanpa melukai hati rakyat dengan melakukan penggusuran. Sedangkan Pasangan Anies - Sandi memilih melakukan peremajaan kota daripada penggusuran terhadap masyarakat miskin yang tinggal di kawasan kumuh dan bantaran sungai. Sementara pasangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saeful Hidayat menjadikan pembangunan manusia menjadi visi utama dan reformasi birokrasi menjadi misi utama kami untuk membangun Kota Jakarta.

Meski debat sempat berlangsung panas, namun di akhir acara ketiga pasangan terlihat akrab bahkan ketiga nya sempat berfoto selfie. Debat calon yang digelar pada Jumat, 13 Januari 2017, merupakan awal dari tiga debat yang akan digelar KPU Jakarta. Selanjutnya debat kedua akan diadakan pada 27 Januari 2017 dan ketiga pada 10 Februari 2017. (Edy Susanto/gresnews.com)

Pemeriksaan ketat terhadap pengunjung yang menyaksikan acara debat secara langsung di lokasi.

Mobil pendukung pasangan calon gubernur DKI nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pendukung pasangan calon Gubernur DKI Nomor urut 1 mengacungkan kaos bertuliskan "om satu om" di sela acara debat.

Meski debat sempat berlangsung panas,namun di akhir acara ketiga pasangan calon gubernur DKI terlihat akrab bahkan ketiganya sempat berfoto selfie.