Jakarta, 16 April 2018 – Sebagai bagian dari komitmen Telkom untuk turut memajukan Bank Pembangunan Daerah (BPD), PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan event bertajuk Transformasi Perbankan Berbasis Digital di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (12/4). Melalui kegiatan ini Telkom mengajak BPD se-Indonesia untuk mencermati perkembangan teknologi perbankan yang dinamis dan memanfaatkannya untuk membantu perbankan meminimalisir resiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan serta meningkatkan daya saing perbankan.

Kebijakan tata kelola keuangan perusahaan khususnya pada industri perbankan di era digital diharapkan akan membantu perbankan untuk meminimalisir resiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan dan meningkatkan daya saing perbankan dalam mempertahankan posisinya di pasar. Sejalan dengan hal tersebut, implementasi digital banking diharapkan dapat mengakselerasi penguatan fungsi dan peran BPD serta pengembangan potensi ekonomi daerah.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan dalam sambutannya mengatakan, dengan dukungan jaringan konektivitas terluas, infrastruktur IT terlengkap di Indonesia, TelkomGroup berkomitmen untuk mendukung BPD menjadi Regional Champion tidak hanya melalui beragam solusi digital, namun juga tim khusus yang fully dedicated untuk memastikan implementasi proyek sesuai dengan timeline yang sudah direncanakan.

Menurut Dian, kebijakan tata kelola keuangan perusahaan khususnya pada industri perbankan di era digital diharapkan akan membantu perbankan untuk meminimalisir resiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan dan meningkatkan daya saing perbankan dalam mempertahankan posisinya di pasar. “Sejalan dengan hal tersebut, implementasi digital banking diharapkan dapat mengakselerasi penguatan fungsi dan peran BPD serta pengembangan potensi ekonomi daerah,” kata Dian.

Untuk membantu transformasi BPD berbasis digital, dukungan Telkom diantaranya adalah desain operation dan architecture bagi sebuah digital bank, digital banking framework untuk BPD dan terakhir roadmap yang bisa ditempuh BPD untuk menjadi digital sepenuhnya.

Adapun transformasi digital dilakukan melalui pemanfaatan teknologi baik dalam pembuatan layanan baru, peningkatan akses untuk nasabah, dan pengelolaan resiko usaha. Dukungan TelkomGroup diharapkan dapat meminimalisasi resiko dalam transformasi dan pengembangan digital banking untuk perbankan. Sejauh ini kapabilitas TelkomGroup dalam mendukung transformasi digital perbankan Indonesia mencakup area yang luas disamping dukungan konektivitas, diantaranya dengan implementasi e-money, laku pandai, cash management dengan konsep omnichannel, SOA based banking business integration, dan core banking yang sudah men-support digital banking.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan Teguh Supangkat sangat mengapresiasi langkah TelkomGroup untuk mengajak BPD bertransformasi secara digital. 

Solusi dan layanan ICT TelkomGroup diharapkan dapat mewujudkan kebutuhan industri perbankan berbasis digital. Sebagai mitra teknologi pilihan perbankan, TelkomGroup menyediakan solusi end-to-end terhadap perbankan diantaranya core banking system dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya seperti ATM, delivery channel dan internet banking. 

“TelkomGroup akan senantiasa mendukung transformasi digital bagi BPD untuk berkembang dan memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan,” tutup Dian. 

ADVERTORIAL 

BACA JUGA: