Jakarta - Muhammad Nazaruddin telah tertangkap di Cartagena, Kolombia, Senin (8/8). Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu sedang dalam proses pemulangan ke Indonesia.

Merespons tertangkapnya Nazaruddin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mengatakan, "Banyak yang tidak nyaman dengan tertangkapnya yang bersangkutan."

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung berbicara, supaya setibanya di Indonesia, Nazaruddin digelandang ke KPK. Catatan gresnews.com, satu kasus penyidikan serta dua kasus penyelidikan menunggu Nazaruddin di kursi ruang periksa KPK.

Satu kasus penyidikan, yakni, kasus suap balas jasa pembangunan Wisma Atlet dan Gedung Serbaguna untuk penyelenggaraan Sea Games, di kawasan Jakabaring, Palembang.

Untuk kasus penyelidikan yakni, kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Hambalang di Sentul, Bogor. Kasus ini mencuat ketika pada pelariannya beberapa waktu silam, Nazaruddin sempat ´bernyanyi´ kalau perusahaan pemenang tender yakni PT Adhi Karya menyetor uang untuk Kongres Partai Demokrat pada 2010 untuk Anas Urbaningrum agar dapat menduduki kursi Ketua Umum Partai Demokrat.

Sementara untuk kasus terakhir, yakni, kasus Alat Kesehatan (Alkes). Pada kasus ini, tidak diketahui jelas dalam konteks Alkes yang mana. Meski begitu, diduga kasus ini merupakan kasus dugaan korupsi pembangunan pabrik vaksin flu burung dengan nilai kontrak sebesar Rp718 miliar.

Mencermati perkembangan situasi pascatertangkapnya Nazaruddin, redaksi gresnews.com menghimpun data dan dokumen mengenai proyek-proyek yang digarap oleh PT. Anugrah Nusantara selama kurun 2007-2009.

PT. Anugrah Nusantara, selama masa itu, sahamnya diduga dimiliki oleh Nazaruddin dan Anas Urbaningrum (Ketua Umum Partai Demokrat). Kepada gresnews.com, Nazaruddin telah mengatakan, ia dan Anas duduk sebagai komisaris dalam perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah rincian proyek-proyek yang digarap Anugrah Nusantara 2007-2009. Total nilai proyeknya: Rp 1,25 triliun!

Datanya dapat pembaca unduh di bawah ini:

Proyek-proyek tahun 2007
Proyek-proyek tahun 2008
Proyek Dishub STPI Curug 2007
Proyek Dishub STPI Curug 2008
Proyek Universitas Jenderal Soedirman 2009

BACA JUGA: