GULA darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.

Para ahli dan peneliti  terus berupaya menemukan alat yang praktis untuk mendeteksi gula darah. Nah peneliti dari University of Akron sedang mengembangkan lensa kontak yang dapat mendeteksi glukosa di air mata.

Lensa kontak ini akan membantu dokter untuk mengecek kadar gula darah pada penderita diabetes. Apabila metabolasi gula tidak berjalan baik dan konsentrasi glukosa di dalam tubuh meningkat, lensa kontak akan berganti warna.

"Cara kerjanya sama seperti kertas lakmus yang digunakan di laboratorium sekolah. Molekul gula bereaksi seperti proton saat tes kadar keasaman, yang menyebabkan perubahan warna pada lensa," kata Dr Junhu seperti dikutip Mail Online.

Molekul probe
Dr Hu menggunakan molekul bernama probe yang dapat mengikat gula dengan baik. Probe dan gula menghasilkan sebuah warna. Pengguna lensa tidak akan mengetahui perubahan kecuali saat mereka bercermin. 

"Alat ini akan mendeteksi perubahan halus kadar gula darah pada penderita diabetes. Lensa juga dapat digunakan untuk medeteksi potensi diabetes pada pasien. Alat ini membantu diagnosa awal untuk mencegah perkembangan penyakit," ungkap Dr Hu lagi.

Menurutnya, perangkat tersebut juga mengurangi ketidaknyamanan pasien saat cek gula darah, bahkan biaya. Selain itu, gula darah cepat berganti baik saat aktivitas normal maupun tinggi. Alat ini mampu memonitor glukosa beberapa kali dalam sehari.

Saat ini, lensa kontak masih berupa prototipe. Namun, para ilmuwan mengatakan lensa akan tersedia dalam tiga tahun jika proyek berjalan lancar.

Proyek yang sedang berlangsung saat ini adalah perubahan warna pada lensa tidak berbahaya untuk mata.

Lihat videonya di sini: http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=JI37cfL0ups

BACA JUGA: