Beberapa hari ini kualitas udara di ibukota Indonesia terus memburuk akibat polusi udara, bahkan Jakarta mendapatkan peringkat ketiga dunia dalam kualitas udara terburuk berdasarkan data Air Visual, situs penyedia peta polusi. Nah, tips hukum kali ini akan menjelaskan perihal hak mendapatkan udara yang sehat berdasarkan konstitusi.

Pada dasarnya setiap manusia wajib menjaga lingkungan agar tetap dan mendapatkan udara bersih dan sehat. Namun dalam hal menjalankan perbaikan dan pemulihan apabila udara sudah tidak bersih dan polusi tentunya setiap warga negara berhak meminta pertanggungjawaban pemerintah sebagai otoritas penyelenggara negara.

Pertanggungjawaban itu sebagaimana juga telah diamanatkan Konstitusi, setiap rakyat berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Konstitusi kita Pasal 28 H ayat (1) menyatakan setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Kemudian dalam Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup  jo Pasal 9 ayat (3) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999  tentang Hak Asasi Manusia menyatakan setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. (NHT)

BACA JUGA: