JAKARTA, GRESNEWS.COM - Polisi mengusut temuan Puluhan Kartu Indonesia Sehat (KIS) disebuah tepi sungai Indonesia Sehat (KIS) ditemukan berserakan di tepi sungai Dusun Rejosari, Desa/Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Minggu (23/7.

Polisi mengambil lagkah pengusutan karena kasus temuan kartu KIS yang dibuang itu sangat berkaitan dengan masyarakat. Diduga sebagian masyarakat gagal memperoleh layanan kesehatan dengan fasilitas kartu tersebut karena kartu tersebut tak sampai ke tangan masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya seorang warga Surabaya menemukan sejumlah 143 kartu Kartu Indonesia Sehat (KIS)ditepi sungai usun Rejosari, Desa/Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Kartu KIS pertama ditemukan oleh Kasih Indrawati (20), warga setempat yang hendak ke sungai. "Ya, saya menemukan kartu KIS ini sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu saya mengantar anak ke sungai untuk buang air besar," kata Kasih di Mapolsek Gandusari.

Ia menemukan kartu-kartu tersebut dalam sebuah amplop coklat berukuran besar kondisinya rusak dan isi amplopnya berserakan di sungai. Kasih yang penasaran kemudian meneliti isi amplop tersebut, yang ternyata berisi puluhan kartu KIS dan membawanya pulang. Selain didalam amplop ia juga memungut kartu -kartu sejenis yang berserakan disungai.

Temuan tersebut kemudian diuplodnya ke facebook, yang kemudian menuai tanggapan dan reaksi masyarakat.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waluyo menyatakan setelah dilakukan penerlitian terhadap kartu-kartu tersebut, seluruh kartu tersebut seluruhnya milik warga Surabaya. "Ada yang tertulis alamat warga Siwalankerto, Wonocolo. Jadi dikirim ke polres," tambah kapolres.

Kini Polres Blitar berberkoordinasi dengan Puskesmas Gandusari untuk melihat keaslian atau tidaknya kartu KIS tersebut. Selain itu polisi juga melakukan koordinasi ke BPJS untuk memperjelas keaslian kartu tersebut.(dtc/rm)

 

BACA JUGA: