Jakarta - Globalisasi tidak bisa dibendung. Makanya ia harus dikelola dengan baik. Ada lima cara untuk menghadapi dan mengelola globalisasi sehingga satu negara sukses bersaing dengan negara lainnya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, dalam� �Silaturahmi dan Halal Bihalal dengan Para Tokoh Perantau Asal Pamekasan, di Pendopo Ronggo Sukowati, Pamekasan.

Lima cara itu adalah pertama, perkembangan teknologi, seperti IT, dan internet yang banyak membantu untuk mendapatkan berbagai informasi, jika dikelola dengan sebaik-baiknya dan secara benar.

Kedua, perlindungan hak asasi manusia, karena setiap orang berhak untuk menuntut hak asasinya yang harus dilindungi agar masyarakat tersebut merasa diperhatikan.

Ketiga, demokratisasi. Demokratisasi dalam berbagai aspek untuk menuju kearah yang lebih baik, yang diinginkan oleh banyak masyarakat,

Keempat, lingkungan hidup dimana kita harus menjaga lingkungan hidup kita sepeti hutan yang terus digunakan sebagai keuntungan semata.

Kelima, pasar bebas, dimana kita harus bisa mencintai produk dalam negeri meskipun banyak produk dari luar yang masuk yang memengaruhi perekonomian negara.

BACA JUGA: