Jakarta - Sudah hampir sebulan terakhir, warga yang mendiami tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu hanya mendapat aliran listrik sejak pukul 16.00 hingga 07.00 WIB. Pemadaman listrik itu dikhawatirkan akan mengurangi minat kunjungan wisatawan.

Tiga pulau itu yakni, Pulau Harapan, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Indah, 28, warga RT 04/01 Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara menuturkan, pemadaman listrik dalam satu bulan terakhir telah mengganggu aktivitas warga. Terlebih, waktu padamnya listrik terjadi saat warga tengah menjalankan aktivitas di dalam rumah. "Ini sudah hampir sebulan. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu cepat tanggap dan segera menyelesaikan persoalan ini," ujar Indah, di Jakarta, Jumat (30/12).

Tak hanya itu, Indah pun semakin merasa terganggu dengan padamnya aliran listrik saat di musim libur sepert ini. Pasalnya, dia sering dikunjungi sanak famili baik yang berasal dari luar pulau maupun antarpulau di Kepulauan Seribu. "Ini kan musim libur sekolah. Banyak saudara yang berkunjung, tapi kami sering dibuat repot karena padamnya aliran listrik," tukas Indah.

Bupati Kepulauan Seribu Ahmad Ludfi mengakui, pemadaman listrik di ketiga wilayah itu karena belum tersentuh infrastruktur kelistrikan dari PT PLN. Sedangkan untuk kebutuhan listrik selama ini masih mengandalkan genset.

"Lampu padam mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Tetapi setelah pukul 4 sore hingga pukul 7 pagi listrik di tiga pulau itu berfungsi," ujar Ahmad Ludfi.

Sementara itu, Kepala UPT Kelistrikan Kepulauan Seribu, Haris menuturkan, saat ini telah dibangun kabel listrik PLN bawah laut sejak Maret-Desember tahun ini. "Kini tengah diuji coba. Selanjutnya akan diberikan sertifikasi laik operasi (SLO) dan baru bisa diberi daya beban," kata Haris.

Menurut Haris, setelah pelaksanaan semua aspek teknis, rencananya ketiga pulau itu sudah bisa menikmati aliran listrik pada Januari mendatang. Sehingga listrik akan menyala setiap hari tanpa adanya gangguan. "Kami yakin 99,9 persen ketiga pulau tersebut akan dialiri listrik pada Januari 2012," pungkas Haris, dikutip laman beritajakarta.com.

BACA JUGA: