JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendukung keputusan pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan. Rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan itu merupakan langkah strategis Presiden Joko Widodo untuk sebuah perubahan.

"Walaupun saya percaya ini adalah langkah yang berani," kata Ketua DPP KNPI Adi Baiquni kepada Gresnews.com, Rabu (28/8).

Menurut Adi, Jakarta tak akan rugi kendati ibu kota pindah ke Kalimantan Timur, sebab Jakarta tetap menjadi sentra bisnis sementara ibu kota di Kalimantan sebagai sentra pemerintahan. Ia yakin pemindahan ibu kota ke Kalimantan dapat memberikan atmosfir baru dan menjanjikan masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Menurut saya, rencana Presiden Jokowi ini sudah tepat. Dalam 10-20 tahun mendatang akan merasakan perubahan. Generasi kita adalah bagian dari sejarah dan perubahan besar itu," ungkapnya. 

Mengenai polemik di masyarakat, menurutnya, adalah hal yang biasa, termasuk tentang mencuatnya anggaran biaya pindah ibu kota. Adi berpendapat itulah risiko setiap ada perubahan. Hal itu logis-logis saja.

"Wacana pindah ibu kota ini cerita lama. Dan kita yakin bahwa ini bukan ambisi Presiden Jokowi, tetapi beliau memang eksekutornya sekarang," katanya. (G-2)

BACA JUGA: