Apple Inc telah membayar U$ 60 juta ke Proview Teknologi (Shenzhen) Cina, untuk mengakhiri sengketa hukum berkepanjangan atas merek dagang iPad di Cina. Pasalnya, gugatan itu telah menghambat beberapa penjualan dan menunda pengenalan iPad baru di Cina.

Penyelesaian proses mediasi itu diumumkan di situs Pengadilan Tinggo provinsi Guangdong. Menurut para analis teknologi di Cina, mediasi itu akan memungkinkan Apple untuk melanjutkan penjualan tablet PC yang kini sedang populer. Mengingat Cina merupakan salah satu pasar yang paling penting. Sekitar 70 persen market share Apple berada di Cina.

"Keberhasilan mediasi ini adalah berita bagus bagi Apple. Dia mengalah untuk menang," kata Teck-Zhung Wong, seorang analis dari IDC, perusahaan berbasis teknologi di Beijing. Pasca mediasi, Apple bisa melanjutkan bisnis dan mengejar pemasaran iPad baru, yang telah tertunda di pasaran Cina akibat sengketa itu.

Cina, seperti dikutip Wall Street Journal, adalah daerah pertumbuhan utama untuk Apple, dan Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook sering mengatakan bahwa perusahaan hanya membutuhkan goresan di permukaan wilayah Cina, dan efeknya bisa lebih dalam.

BACA JUGA: