Kuala Lumpur - Ajang 2012 PATA Anual Conference yang digelar di Royal Chulan Hotel di Kuala Lumpur, Malaysia menganugerahkan 23 Gold Awards dan empat Grand Awards pada stakeholers member, yang terdiri dari organisasi pendidikan, institusi pariwisata, serta perusahaan travel dan hotel.

Indonesia melalui tarian Ramayana di Prambanan, Jawa Tengah meraih satu di antara Gold Awards kategori Heritage and Culture. Penghargaan ini diberikan langsung oleh PATA CEO Martin Craig kepada Chairman PATA Indonesia SD Darmono di Hotel Royal Chulan, Kuala Lumpur, Sabtu (21/4/2012).

Kemenangan Indonesia melalui performa kebudayaan Tarian Ramayana ini diakui Darmono sebagai sebuah penghargaan internasional pada upaya pemerintah dan stakeholder pariwisata menjaga kesenian dan budaya yang dipertahankan kualitasnya hingga 51 tahun tersebut.

"Lembaga ini sangat menghargai upaya kita menjaga kebudayaan tersebut, bahkan kini performanya semakin baik dan semakin banyak menarik perhatian wisatawan,"ujar Darmono.

Indikator kemenangan itu, menurutnya, juga terletak pada konten budaya lokal yang sangat dijaga.

"Tarian Ramayana kita kan berbeda dari India, baik dari musik gamelan, tarian, maupun kostumnya, ini yang masih kita jaga keasliannya," lanjut Darmono seperti dilansir menkokesra.go.id.

BACA JUGA: