Ilustrasi tempat wisata di Lombok (mytrip123.com)

Saat ini Indonesia sedang berupaya mengatasi pandemi Covid-19. Masyarakat diminta untuk tetap berada mengisolasi diri di rumah masing-masing sampai wabah itu mereda. Nah, bila wabah korona itu telah hilang dan masyarakat kembali beraktivitas seperti semula maka pergi liburan menjadi salah satu solusi terbaik setelah tinggal di rumah selama beberapa pekan. Tentu Anda perlu refreshing agar dapat kembali bekerja atau beraktivitas lagi dengan lebih produktif. Lombok dapat menjadi salah satu pilihan destinasi liburan yang menarik, apalagi bila Anda telah bosan berlibur ke Bali. 

Anda dapat mulai mempersiapkan liburan ke Lombok, mulai dari persiapan penginapan, packing hingga tiket pesawat. Untuk tiket pesawatnya, Anda dapat memilih tiket Air Asia yang nyaman namun tetap terjangkau. Berikut beberapa hal menarik mengenai Pulau Lombok yang dapat Anda jelajahi selama berlibur ke sini: 

Memiliki gunung dengan pemandangan paling indah di Asia
Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Pulau Lombok memiliki gunung indah yang tentu setiap pendaki ingin berkesempatan mencapai puncaknya. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang masih aktif yang keindahannya dan digadang-gadang merupakan yang paling indah di antara gunung-gunung di Asia. Gunung Rinjani memiliki ketinggian hingga 3.726 mdpl dan memiliki kawah bernama Segara Anak yang memiliki kedalaman hingga 230 meter dengan air berwarna biru jernih. 

Memiliki pantai indah berjumlah ratusan
Sudah bukan rahasia lagi bila pulau Lombok dikenal sebagai pulau dengan ratusan pantai cantik. Lombok dapat menjadi pilihan destinasi bagi Anda yang gemar berlibur dan menikmati keindahan pantai. Pantai di wilayah Lombok khas dengan air lautnya yang berwarna biru, pasir putih dan keindahan sunset-nya yang memukau. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan dan pantai-pantai indah lain yang tidak pernah sepi wisatawan sepanjang tahun. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dengan suasana lain, Anda dapat pula beranjak ke bukit Merese yang memiliki pemandangan perbukitan yang tak kalah cantik. 



Berkesempatan mengenal lebih dekat suku asli Lombok
Tak hanya memiliki destinasi wisata beragam, saat berlibur ke sini, Anda juga berkesempatan untuk mengenal lebih dekat Suku Sasak yang merupakan penduduk asli di pulau ini. hingga kini, di Lombok, keberadaan suku ini pun masih lestari, berikut dengan adat istiadat Suku Sasak yang telah dilakukan dari tahun ke tahun. Suku Sasak yang tinggal di Pulau Lombok ini pun masih aktif menggunakan Bahasa Sasak untuk berkomunikasi dengan penduduk lain sehari-harinya.  

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui atau pun belajar mengenai adat yang dijunjung di Pulau Lombok, Anda dapat berkunjung ke Desa Sade, yang merupakan desa adat Lombok yang masih mempertahankan berbagai prinsip hidup yang dibangun sejak masa Kerajaan Pejanggik. Salah satu hal menarik dari penduduk di Desa Sade ini adalah pemanfaatan alam sebagai bahan utama bangunan tempat tinggalnya. Hal ini terlihat dari atapnya yang berbahan ijuk, hingga lantai yang berbahan dasar tanah liat.  

Memperoleh penghargaan sebagai destinasi wisata dan honeymoon halal tingkat dunia
Fakta menarik lainnya yang mungkin belum Anda tahu adalah Pulau Lombok ternyata pernah menyabet penghargaan tingkat dunia, lho. Penghargaannya berupa World’s Best Halal Tourism dan World’s Best Halal Honeymoon Destination. Hal ini membuktikan bahwa pariwisata di pulau ini telah dikelola dengan baik dan profesional. Bahkan, penghargaan yang berhasil diraih oleh pulau cantik ini mengalahkan berbagai destinasi wisata menarik di berbagai negara muslim lain, seperti Malaysia, Turki hingga Uni Emirat Arab.  

Memiliki kuliner khas dengan cita rasa pedas yang nikmat
Berlibur ke suatu daerah tentunya tidak akan lengkap bila Anda tak mencicipi kuliner khasnya. Lombok dapat menjadi surga kuliner apalagi bagi Anda yang gemar dengan makanan-makanan pedas. Mayoritas penduduk di Pulau Lombok menyukai makanan pedas, oleh karena itu sebagian besar kuliner khas daerah ini bercita rasa pedas. Anda dapat mencoba nikmatnya ayam taliwang, plecing kangkung, sate bulayak hingga sambal beberuk terong langsung di daerahnya. Menarik bukan? 

Jadi, bagi Anda yang sedang bosan dan mulai memikirkan destinasi wisata manakah yang tak hanya menarik namun juga memiliki banyak tempat wisata berbeda-beda, Anda dapat memilih Pulau Lombok sebagai tempat tujuan wisata Anda.

JAROT TRIGURITNO 
Travell Blogger








BACA JUGA:
.