Jakarta - Kawasan Tugu Monumen Nasional yang selalu dijadikan pusat perayaan Tahun Baru, ditutup mulai pukul 12.00 WIB tadi.

"Tugu Monas tutup 12.00 WIB untuk pengunjung," ujar Kepala Unit Pelayanan Teknis Monas Rini Haryani kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (31/12).

Alasan penutupan itu, kata Rini, untuk membatasi jumlah pengunjung yang biasanya selalu meningkat menjelang detik-detik pergantian tahun. "Kebijakan tersebut sudah diberlakukan setiap satu hari menjelang Tahun Baru. Seperti yang diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya," papar Rini.

Loket kunjungan ke Tugu Monas akan dibuka kembali pada 1 Januari 2012, seperti hari biasa yang beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Namun khusus untuk 1 Januari 2012, kunjungan akan dibatasi hanya 2.000 pengunjung saja. “Supaya pengunjung nyaman dan aman," imbuh Rini.

Rini mengatakan pada hari biasanya, pengunjung bisa mencapai 2.500 hingga 3.000 orang per hari. "Sejak pagi tadi, Tugu Monas sudah ramai dikunjungi. Pengunjung yang rata-rata keluarga dan anak muda ini terlihat antre di loket pintu masuk Tugu Monas," terang Rini.

Sementara di kawasan Monas, sejumlah warga terlihat tengah lakukan rekreasi dan olahraga seperti jalan santai, bersepeda dan berfoto bersama keluarganya.

Rencananya, di sekitar kawasan Tugu Monas malam nanti akan digelar acara Dzikir Akbar yang diselenggarakan oleh kelompok pengajian Majelis Rasulullah. Hal ini terlihat dari persiapan sebuah panggung besar dengan pengeras suara (sound system).

BACA JUGA: