KATA orang cinta itu buta, tetapi tampaknya kunci untuk menemukannya tidak terletak pada mata tetapi dalam lubang hidung anda. Sebab penelitian terbaru menunjukkan, cara untuk menjaga keterikatan dalam hubungan lelaki dan perempuan adalah dengan memiliki penciuman yang kuat.

Penelitian dilakukan pada pria dan wanita yang lahir tanpa indera penciuman, Biological Psychology, membandingkan data orang berusia antara 18 dan 46 dengan dan tanpa indra penciuman.

Pria dengan penciuman yang rusak rata-rata hanya memiliki dua pasangan dibandingkan 10 pada orang-orang dengan lubang hidung yang berfungsi dengan baik. Para ilmuwan percaya, bahwa hal itu karena laki-laki dengan kemampuan penciuman yang buruk menjadi minim semangat petualangan dan memiliki masalah dalam menilai serta berkomunikasi dengan lawan jenis.

Sementara perempuan dalam kedua kategori (penciuman yang baik dan tidak) memiliki rata-rata empat pasangan, tetapi mereka yang tidak bisa mencium bau kurang percaya diri pada pasangan mereka. Secara signifikan, kurangnya penciuman seorang wanita memang tidak berdampak terhadap hubungan pertemanan, hanya menjadi kunci ketika hubungan itu menjadi lebih dari sekadar pertemanan.

Sebuah studi mengatakan, wanita lebih peduli pada bau pasangan potensial kencannya ketimbang dengan penampilan.

Bau atau aroma telah lama digambarkan sebagai pemicu gairah pada pria dalam sejumlah film, termasuk dalam Al Pacino's: Scent of a Woman, di mana tokoh Kolonel Frank Slade dapat menggambarkan penampilan perempuan hanya dengan mencium bau parfum mereka.

SUMBER: DAILYMAIL.CO.UK

BACA JUGA: