Perkosaan marak, negara gagal lindungi perempuan

Senin, 13 Februari 2012 , 11:43:33 WIB - Wanita

Perkosaan marak, negara gagal lindungi perempuan
Ilustrasi (Foto:tribunnews.com)

Jakarta - Forum Keadilan Perempuan (FKP) menyatakan keprihatinan atas maraknya peristiwa pemerkosaan yang dialami perempuan di angkutan umum dan tempat lainnya.

"Kami mengutuk keras kejahatan perkosaan ini dan menuntut pertanggungjawaban negara atas ketidakmampuannya melindungi warga perempuan sebagaimana amanat konstitusi 1945 dan berbagai konvensi serta UU RI," kata Koordinator FKP, Firziana, di Kantor Komnas Perempuan, Jakarta, Senin (13/2).

Menurut Firziana, setidaknya telah terjadi 68 kasus pemerkosaan di wilayah Jabodetabek sepanjang 2011 kemarin. Dari jumlah tersebut, ada enam kasus pemerkosaan di dalam angkutan umum.

"Ini membuktikan bahwa tubuh perempuan adalah target kekerasan yang paling mudah. Sayangnya respons masyarakat secara umum justru menyalahkan korban dengan alasan berpakaian ketat dan minim, keluar malam dan kemiskinan sehingga mengundang pelaku kejahatan," kata Firziana.

Faktanya, lanjut Firziana banyak perkosaan terjadi lintas kelas, dan tidak terbatas pada usia atau karena pakaian tertentu.

Reporter : Yudi Rahmat
Redaktur : Oki Baren

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Bagaimana Rhoma Irama Effect "Permalukan" Jokowi Effect?

    Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengakui besarnya kontribusi dan pengaruh Oma yang melejitkan PKB ke peringkat lima hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. LSI Network dan Cyrus Network-CSIS, misalnya, menempatkan PKB di urutan lima dengan perolehan suara 9% di bawah PDIP, Golkar, Gerindra, dan Demokrat. Hasil ini membuat Ketua DPP PKB Marwan Djafar menyebut, "PKB bakal menjadi penentu koalisi untuk pilpres nanti."

  • TATAP MUKA: Saksi Kunci Korupsi Videotron Hendra: Rievan Orang yang Paling Bertanggung Jawab

    Kasus dugaan korupsi pengadaan videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah masih menyisakan tabir gelap tentang siapa sebenarnya pihak yang paling bertanggung jawab dalam kasus tersebut.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :