JAKARTA - Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAPI) menggelar Kongres Perencanaan Kota Sedunia (The International Society of City and Regional Planners/ISOCARP) ke-55 yang akan digelar di Jakarta dan Bogor pada 9-13 September 2019. Salah satu hal menarik yang akan dibahas adalah pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Kongres Perencanaan Sedunia ini adalah sumbangsih Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dalam memberikan masukan bagi upaya pemerintah membangun kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan, serta memperkaya diskursus teknis tentang isu pemindahan ibu kota negara," ujar Chairman Local Committee ISOCARP dan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia Bernardus Djonoputro, dalam keterangan yang diterima Gresnews.com, Senin (9/9).

Para peserta kongres akan mendiskusikan tema-tema perencanaan yang penting dan terkini di dunia serta berbagai isu yang membutuhkan banyak masukan perencana, seperti pemindahan ibu kota negara, terutama belajar dari pengalaman negara lain.

Rencana pemindahan ibu kota negara, kata Bernardus, menjadi refleksi penting bagi tata ruang ke depan. Tata ruang tidak boleh hanya mengikuti kemauan pasar semata, tapi mampu mendorong iklim investasi yang kondusif dengan cara mengarahkan kegiatan investasi agar menempati ruang yang sesuai dengan prinsip keberlanjutan pembangunan.

Menurut Bernardus, kongres ini adalah manifestasi pentingnya posisi Indonesia dalam isu urbanisasi. Para perencana maupun pemerintah Indonesia dapat belajar dan bertukar pikiran tentang pemecahan masalah perkotaan. Salah satu yang akan dibicarakan adalah persoalan tata ruang yang saat ini sudah mengalami tumpang tindih. Kondisi itu bisa berdampak pada konflik berkepanjangan di kemudian hari sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah agar persoalan pembangunan ruang kota tidak menghambat pertumbuhan ekonomi, investasi dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Bernardus menambahkan kongres ini menjadi forum yang relevan untuk menyampaikan pesan bahwa perencanaan itu penting dalam pembangunan, khususnya yang terkait dengan pembangunan perkotaan dan sumber daya manusia. Apalagi kota merupakan pusat pendidikan dan pengembangan keilmuan dan teknologi. Selain itu, bersamaan dengan kongres, akan dilaksanakan Kaukus Walikota IAP 2019, yang diikuti oleh 30-an wali kota untuk mencari solusi inovasi dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan. (G-2) 

BACA JUGA: