Persyaratan Pendaftaran Calon Kepala Daerah Dengan Jalur Independen

Sabtu, 24 Juni 2017, 09:00:00 WIB - Tips

Ulama memberikan masukan soal calon gubernur (ANTARA)

Pada dasarnya setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk dipilih dan memilih dalam sistem pemilihan umum, serta berhak memperoleh kesempatan yang sama untuk mencalonkan diri dan dicalonkan sebagai Calon Kepala Daerah. Karena hal tersebut di jamin Konstitusi. Nah, siapapun yang berwarga negara Indonesia dapat mengambil haknya tersebut dengan cara mendaftar kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah yakni Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU).

Pendaftaran tersebut dapat melalui Partai Politik dan Perserongan (Independen). Nah, edisi ini hanya membahas tentang pendaftaran memakai jalur perseorangan (independen). Hal yang pertama yang perlu diperhatikan oleh calon yang ingin mencalonkan menjadi Kepala Daerah yaitu:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat, berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota.
3. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim.
4. Tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana;
5. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian
6. Menyerahkan daftar kekayaan pribadi, belum pernah menjabat sebagai Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, dan Wakil Walikota selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama untuk Calon Gubernur, Calon Wakil Gubernur, Calon Bupati, Calon Wakil Bupati, Calon Walikota, dan Calon Wakil Walikota;

Adapun hal yang harus wajib dipenuhi yang ingin mencalonkan kepala daerah dengan jalur independen adalah sebagaimana dimaksud dalam pasal 41 Ayat (1), Ayat (2), Ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Komentar