Mengenal Jenis PNBP Yang Berlaku Pada Kepolisian

Kamis, 12 Januari 2017, 08:00:00 WIB - Tips

Pemilik kendaraan bermotor mengurus STNK (ANTARA)

Pembaca Tips Hukum gresnews.com yang terhormat, berdasarkan Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, bahwa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) adalah seluruh penerimaan pemerintah pusat yang tidak berasal dari penerimaan perpajakan. Terdapat beberapa jenis PNBP yang terpisahkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Seperti halnya jenis PNBP yang berlaku pada kepolisian. Nah, apa saja jenis PNPB yang berlaku pada kepolisian. Baiklah Tips Hukum akan mengulasnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian meliputi penerimaan pengujian untuk penerbitan SIM Baru, penerbitan perpanjangan SIM, penerbitan surat keterangan uji keterampilan pengemudi, Penerbitan STNK bermotor, Pengesahan STNK bermotor, penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor, penerbitan TNKB , Penerbitan BPKB, penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah, penerbitan surat TNKB lintas batas Negara, Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara dan penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan.

Selain itu, ada beberapa penerbitan seperti penerbitan surat izin senjata api dan bahan peledak, penerbitan surat keterangan catatan Kepolisian, pendidikan dan pelatihan satuan pengaman, serta pelatihan keterampilan perorangan, pendidikan dan pelatihan PPNS. Kemudian, pendidikan dan pelatihan Kepolisian khusus, pendidikan dan pelatihan kesamaptaan, pendidikan dan pelatihan pengembangan motivasi, dan penerbitan kartu tanda anggota satuan pengaman.

Berikutnya, penerbitan Ijazah satuan pengaman, penerbitan surat izin operasional badan usaha jasa pengamanan, dan pelayanan penyelenggaraan assessment center POLRI. Kemudian, pelayanan kesehatan yang berasal dari pembayaran BPJS, jasa pengamanan pada obyek vital Nasional dan obyek tertentu dan jasa manajemen sistem pengamanan pada obyek vital Nasional dan obyek tertentu.

Komentar