Aturan Bagi Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor

Rabu, 11 Januari 2017, 08:00:00 WIB - Tips

Kegiatan ekspor-impor (ANTARA)

Dewasa ini pemerintah sedang giat-giatnya mendorong peningkatan ekspor keluar negeri. Kegiatan ekspor ditujukan untuk memperkuat daya saing perusahaan dalam negeri serta meningkatkan investasi. Meski demikian pemerintah perlu memberikan kemudahan bagi pelaku usaha ekspor atau impor tersebut dalam melakukan bisnisnya. Berikut peraturan yang memberikan kemudahan tersebut.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan telah membuat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 176/pmk.04/2013 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 254/pmk.04/2011 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang dan Bahan untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang Pada Barang Lain dengan Tujuan untuk Diekspor/KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).

Pemberian fasilitas tersebut juga merupakan bagian terintegrasi dalam upaya otoritas bea cukai untuk menciptakan sistem logistik yang efektif dan efisien yang ditujukan juga bagi usaha kecil dan menengah.

Tujuan lainnya dari diberikannya KITE ialah untuk memberikan kemudahan bagi pengusaha yaitu :

1. Kemudahan dalam pembebasan bea masuk dan PPN impor tidak dipungut atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor.

2. Fasilitas pengembalian bea masuk atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor, seperti bea masuk anti dumping, bea masuk pembalasan, bea masuk safeguard, dan bea masuk imbalan.

Komentar