Aturan Pemindahan Hak Atas Saham

Selasa, 10 Januari 2017, 08:00:00 WIB - Tips

Bursa Saham (ANTARA)

Efek positif dari kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak ialah mengalirnya investasi dan dana milik warga Indonesia kedalam negeri. Hal ini berimbas pada meningkatnya perekonomian Indonesia. Dalam hal aliran investasi atau saham tersebut akan dipindahkan terdapat aturan tersendiri yang mengaturnya. Berikut ini aturan dalam pemindahan Hak atas saham akan diuraikan secara singkat.

Aturan pemindahan hak atas saham berikut prosedurnya telah terdapat dengan jelas pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Secara khusus Pasal 56 UU Perseroan mengatur pemindahan hak atas saham yang harus dilakukan dengan akta pemindahan hak yang dibuat dalam bentuk akta notaril atau akta dibawah tangan. Akta pemindahan hak atau salinannya disampaikan secara tertulis kepada Perseroan.

Dalam proses pemindahan tersebut direksi wajib mencatat pemindahan hak atas saham, tanggal, dan hari pemindahan hak tersebut dalam daftar pemegang saham atau daftar khusus untuk dicatat dalam daftar Perseroan paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal pencatatan pemindahan hak.

Selanjutnya pemindahan hak atas saham dilakukan dengan akta pemindahan hak dan salinannya disampaikan secara tertulis kepada Perseroan untuk dicatat oleh direksi mengenai tanggal, dan hari pemindahan hak tersebut dalam daftar pemegang saham atau daftar khusus.

Pemindahan hak atas saham yang disetujui oleh Organ Perseroan, dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56 UU PT dan dilakukan dalam jangka waktu paling lama 90 hari terhitung sejak diberikannya tanggal persetujuan pemindahan hak atas saham tersebut

Komentar