LEMBAGA Pengawasan Konsumen Eropa menyebutkan bahwa duplikat kostum seperti yang dikenakan pemain dari negara-negara yang berlaga di Euro 2012 ternyata mengandung beracun. Penelitian strip Polandia, Spanyol, Jerman, Rusia, Ukraina, Italia, Perancis, Belanda dan Portugal menunjukkan bahwa kaos sembilan timnas itu mengandung bahan kimia berbahaya.

Organisasi Konsumen Uni Eropa (BEUC) mengimbau agar kaos untuk turnamen yang akan dibuka Jumat (8/6) itu harus di-banned.

Adapun jenis bahan kimia berbahaya yang ditemukan pada kaos jersey timnas itu adalah timbal. Setidaknya timbal ditemukan dalam strip kaos timnas enam negara, yakni Spanyol, Jerman, Ukraina, Rusia, Perancis dan Italia.

"Kaos timnas Polandia harus dilarang untuk dijual di toko-toko karena mengandung senyawa organotin yang digunakan untuk mencegah bau keringat. Dosis senyawa itu lebih tinggi dari ambang batas yang dibolehkan. Senyawa kimia itu bisa meracuni sistem saraf," demikian pernyataan resmi BEUC.

Tidak hanya itu, senyawa nonilfenol yang berpotensi meracuni lingkungan juga ditemukan di kaos timnas Spanyol dan Italia.

"Penggemar sepakbola merogoh kocek hingga 90 euro untuk kaos timnas favoritnya. Paling tidak, mereka mengharapkan bisa memiliki kaos dengan kualitas dan produk yang aman," ucap Direktur Jenderal BEUC, Monique Goyens, seperti dikutip The Sun.

BACA JUGA: