Perlindungan Hukum Terhadap Desain Industri

Selasa, 21 Maret 2017, 07:00:00 WIB - Tips

Pameran desain mobil pedesaan (ANTARA)

Demi memajukan industri yang mampu bersaing dalam lingkup perdagangan nasional dan internasional perlu diciptakan iklim yang mendorong kreasi dan inovasi di bidang Desain Industri.

Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

Nah, untuk menjamin perlindungan terhadap desain industri, Pemerintah telah membentuk Undang-Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri, dimaksudkan untuk merangsang aktivitas kreatif dari pendesain untuk terus-menerus menciptakan desain baru.

Pendesain diberikan hak eksklusif untuk melaksanakan Hak Desain Industri yang dimilikinya dan untuk melarang orang lain yang tanpa persetujuannya membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, dan atau mengedarkan barang yang diberi Hak Desain Industri. Namun, dikecualikan apabila pemakaian Desain Industri untuk kepentingan penelitian dan pendidikan sepanjang tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pemegang hak Desain Industri.

Komentar