Medan - Untuk mendapatkan pejabat eselon dua dan tiga yang benar-benar berkualitas serta mampu menjalankan tugas yang diamanahkan kepadanya dengan baik dan penuh tanggung jawab, maka Pemko Medan akan segera melakukan fit and proper test.

"Karenanya, Pemko Medan akan bekerjasama dengan unsur perguruan tinggi dalam melakukan fit and poper test tersebut," kata Walikota Medan, Rahudman Harahap ketika memberi kuliah umum kepada peserta Diklatpim III Pemko Medan di Medan seperti dilansir pemkomedan.go.id.

Menurutnya, langkah ini kita lakukan agar pejabat yang akan kita tempatkan nanti benar-benar memenuhi standar. Artinya, pejabat itu harus memenuhi standar kemampuan, loyalitas serta standar latar belakang pendidikan.

Selain fit and proper test, lanjutnya, penetapan pejabat juga harus didukung pendidikan penjenjangan. Dijelaskannya, pendidikan penjenjangan sangat diperlukan untuk mendasari pemahaman calon pejabat yang bersangkutan tentang manajemen pemerintahan yang lebih baik pada masa mendatang.
 
"Jadi kita ke depan kita harus lebih selektif dalam menetapkan pejabat. Artinya, penetapan pejabat tidak semata hanya mengandalkan pangkat dan golongan semata," ungkap Walikota Medan.

BACA JUGA: