Jakarta - PDIP mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memimpin langsung musyawarah atau dialog dengan masyarakat Papua. Tujuannya agar Presiden SBY mampu membuat suatu kebijakan yang kongkret dan tepat, sesuai tuntutan masyarakat Papua.

"PDIP akan mendukung penuh dialog yang dilakukan itu. Karena, itulah yang diamanatkan oleh sila ke-4 Pancasila yang sekaligus merupakan aspirasi masyarakat Papua," ujar Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (11/11).

Persoalan Papua, kata Tjahjo, juga harus diselesaikan dengan pelaksanaan UU Otsus secara konsisten. Penyelesaian Papua terletak pada mindset para pejabat di Jakarta.

"Pengelolaan PT Freeport Indonesia yang tidak transparan dan akuntabel, tidak memberikan keadilan pada perekonomian Indonesia, terlebih penduduk Indonesia. Pemerintah perlu merespon isu ini, termasuk dalam aspek tingkat kesejahteraan masyarakat," kata Tjahjo.

"Pemberian privilege khusus ke Freeport sejak zaman Orde Baru, faktanya menjadi penyumbang konflik serius di Papua. Kita tidak bisa pertahankan mindset lama selesaikan Papua, perlu ada pendekatan yang komprehensif," pungkas Tjahjo.

BACA JUGA: