Jakarta - Baru sehari ditambal, aspal Jl Jenderal Sudirman sudah amblas. Gubernur DKI, Fauzi Bowo berdalih aspal tersebut merupakan tindakan sementara.

"Pengaspalan yang dilakukan hanya untuk sementara. Sehingga kekuatannya pun belum mampu menahan beban kendaraan berat yang meilntasinya. Sedangkan truk tanki air yang tadi siang terperosok di aspal itu termasuk kendaraan berat," ujar Fauzi Bowo, di Balaikota DKI Jakarta, seperti yang dikutip dari laman beritajakarta.com, Kamis (10/11).

Fauzi juga mengatakan, aspal yang amblas di depan Gedung Summitmas itu belum kering benar sehingga belum bisa dilalui kendaraan berat. "Kalau belum kering, kendaraan berat hendaknya tidak melintas di aspal itu. Saya minta Dinas PU segera memperbaikinya sebelum pelaksanaan pembukaan SEA Games besok," kata Fauzi.

Sementara itu, Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Ery Basworo menuturkan, amblasnya aspal tersebut dikarenakan di lokasi itu belum terpasang gorong-gorong sehingga bekas galian hanya ditutupi dengan pasir batu saja. Akibatnya, struktur kepadatan tanahnya pun kurang baik dan belum bisa menahan beban kendaraan berat.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah truk tangki
bermuatan air terperosok di lokasi penutupan dan pengaspalan gorong-gorong Jl Jenderal Sudirman arah Blok M, atau tepat di depan Gedung Summitmas II, Kamis (10/11) siang. Kedua bagian roda belakang truk tangki bermuatan air untuk menyiram aspal di lokasi penutupan gorong-gorong itu tampak terperosok sedalam 30 sentimeter akibat amblasnya aspal. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, peristiwa ini sempat membuat panik para pekerja dan pengguna jalan di lokasi kejadian.

BACA JUGA: