Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Marty M. Natalegawa, atas mandat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini, Kamis (10/11), menyematkan Bintang Mahaputera Adipradana kepada mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda.

Fukuda, yang menjabat PM Jepang periode September 2007 hingga September 2008, dinilai berjasa atas peningkatan hubungan bilateral antarkedua negara. "Interaksi yang telah terjalin itu, diharapkan dapat membuka peluang kerja sama yang makin meluas guna memaknai kemitraan strategis Indonesia-Jepang," demikian sambutan Marty seusai penyematan tanda jasa itu, di Tokyo, Kamis (10/11).

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Mr Kenichiro Sasae menyampaikan, penghargaannya kepada Fukuda sekaligus mengapresiasi hubungan antarkedua negara yang semakin kokoh.

Berdasarkan rilis KBRI Tokyo yang diterima gresnews.com, upacara penyematan di Hotel Imperial, Tokyo, itu dihadiri para pejabat dari Kementerian Luar Negeri Jepang, para anggota Japan-Indonesia Association (Japinida), Duta Besar RI Muhammad Lutfi, dan Konjen Osaka, Ibnu Hadi. Penganugerahan tanda jasa terhadap Ketua Japinda ini diberikan melalui Keputusan Presiden No. 81/TK/Tahun 2011 atas jasa-jasa yang luar biasa bagi peningkatan persahabatan dan kemajuan hubungan kedua negara sahabat.

Acara penyematan berlangsung khidmat, dimana Menlu Indonesia memasangkan selempang kehormatan, kemudian menyematkan Bintang
Mahaputera Adipradana di dada kiri Fukuda, hingga memberikan salinan Keputusan Presiden.

Sekadar informasi, Japinda merupakan lembaga persahabatan yang terlibat aktif dalam mempromosikan hubungan Indonesia–Jepang. Dalam berbagai kegiatan KBRI ataupun masyarakat Indonesia pun, keikutsertaan Japinda sangat diandalkan, seperti dalam pertemuan masyarakat pecinta Indonesia
(friends of Indonesia) dan peringatan Kemerdekaan RI. Japinda juga sangat aktif memberikan kesempatan para perawat (nurses dan caregivers) Indonesia yang bekerja di Jepang untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di Jepang.

Saat ini pun Fukuda adalah anggota parlemen Jepang, yaitu Majelis
Rendah (shugiin), mewakili daerah asalnya, Prefektur Gunma. Memikul tanggung jawab sebagai pemimpin Jepang bukanlah hal yang baru bagi keluarga Fukuda. Pasalnya, ayahanda politisi Partai Liberal Demokrat (LDP) itu, Takeo Fukuda, juga pernah menjabat PM Jepang pada 1976 silam.

BACA JUGA: