Jakarta - Fraksi Partai Demokrat memastikan akan memilih calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sesuai peringkat yang diajukan oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan (capim) KPK.

"Fraksi Partai Demokrat mendukung 70 sampai 80 persen, malah kalau bisa 100 persen capim KPK berdasarkan ranking Pansel," ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Didi Irawadi, di Jakarta, Rabu (9/11).

Kendati demikian, Didi tidak menjamin bahwa opsi yang diambil oleh partainya untuk memilih capim KPK berdasarkan rangking Pansel bakal diikuti fraksi lainnya di Komisi Hukum tersebut. Pasalnya, Fraksi Partai Demokrat di Komisi III hanya berjumlah 14 dari total 54 anggota dewan.

Panitia Seleksi KPK sudah menentukan delapan nama yang lolos untuk menjalani fit and proper test di DPR. Dari jumlah tersebut, Ada empat nama yang masuk dalam jajaran peringkat terbaik yaitu, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, Abdullah Hehamahua, dan Handojo Sudrajat.

Dalam perkembangannya, sejumlah fraksi di DPR menyatakan akan memilih pimpinan KPK yang disodorkan Pansel, tapi tidak berdasarkan peringkat Pansel. Mereka hanya akan memilih berdasarkan pertimbangan politik.

BACA JUGA: