Jakarta - Sebagai daerah penghasil tambang, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat berminat membeli saham Newmont. Pemprov NTB pun sudah siap,

sehingga daerah harus diberi kesempatan menambah kepemilikan saham agar mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dari kekayaan alamnya sendiri.

Harapan itu dikemukakan Anggota DPD dari NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi terhadap Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk dapat mematuhi undang-undang yang berlaku menyikapi kisruh pembelian sisa saham divestasi Newmont.

"Apalagi sudah ada dasar pijakan yang jelas yakni hasil audit BPK yang menyatakan ada pelanggaran dalam pembelian saham oleh Pusat Investasi Pemerintah atau PIP," ungkap Ratu Ganefi.

Menurutnya, sebaiknya MoU pembelian oleh PIP dibatalkan dan kemudian diserahkan pada daerah dan di lain pihak, Pemprov NTB diminta fokus pada persiapan pembelian sisa saham itu.

"Persiapan yang matang, terbuka, dan transparan, akan membuktikan bahwa Pemprov NTB siap membeli saham tersebut," pungkas Ratu Ganefi.

BACA JUGA: