Hak-Hak Fakir Miskin

Sabtu, 13 Mei 2017, 18:00:00 WIB - Tips

Kupon subsidi listrik untuk rakyat miskin (ANTARA)

Pemerintah bertanggungjawab atas fakir miskin, hal tersebut juga sebagaimana amanat konstitusi yang menyatakan fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara. untuk melaksanakan tanggung jawab negara fakir miskin diberikan hak-hak atas fakir miskin. Hak-hak tersebut secara eksplisit di Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.


Sebelum membahas hak-hak fakir miskin, tips hukum akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan fakir miskin. Fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan atau keluarganya.

Penanganan yang dilakukan pemerintah terhadap fakir miskin harus secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan, sebagaimana dimaksud Pasal 5 Undang-Undang tentang Penanganan Fakir Miskin, menyatakan Penanganan fakir miskin dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Adapun hak-hak fakir miskin adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh kecukupan pangan, sandang, dan Perumahan.
2. Memperoleh pelayanan kesehatan.
3. Memperoleh pendidikan yang dapat meningkatkan martabatnya.
4. Mendapatkan perlindungan sosial dalam membangun, mengembangkan, dan memberdayakan diri dan keluarganya sesuai dengan karakter budayanya.
5. Mendapatkan pelayanan sosial melalui jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan rehabilitasi social dalam membangun, mengembangkan, serta memberdayakan diri dan keluarganya.
6. Memperoleh derajat kehidupan yang layak.
7. Memperoleh lingkungan hidup yang sehat.
8. Meningkatkan kondisi kesejahteraan yang berkesinambungan dan memperoleh pekerjaan dan kesempatan berusaha.

Komentar