Mekanisme Memperoleh Informasi dari Badan Publik

Sabtu, 18 Maret 2017, 10:00:57 WIB - Tips

Gedung MPD/DPR (ANTARA)

Pastilah para pembaca Tips Hukum pernah mendengar lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya itu berkaitan dengan penyelenggaraan negara. Lembaga tersebut dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Nah, itulah yang dinamakan badan publik.

Badan publik tersebut di atas berkewajiban untuk menyediakan, memberikan dan atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada masyarakat atau pemohon informasi publik. Badan publik dapat menolak apabila informasi yang diminta adalah informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lantas, bagaimana mekanisme memperoleh informasi dari badan publik tersebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa prinsip mekanisme memperoleh Informasi publik harus cepat, tepat waktu, dan biaya ringan.

Setiap masyarakat dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh informasi publik kepada badan publik secara tertulis atau tidak tertulis. Dalam hal permintaan sudah dilakukan, paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, badan publik yang bersangkutan wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pemohon informasi publik.



Komentar