JAKARTA, GRESNEWS.COM - Langkah Prabowo Subianto yang menolak pelaksanaan pemilihan presiden termasuk hasil rekapitulasinya membuat pecahnya kongsi dari para pendukungnya sendiri. Salah satunya dari Mahfud Md, yang menyerahkan kembali  mandat ketua tim pemenangan Prabowo.

Entah disengaja atau tidak Mahfud Md datang terlambat saat rapat penyikapan hasil rekapitulasi suara KPU di Rumah Polonia. Penampilan mantan ketua MK itu berbeda dari biasanya yang berbaju putih dengan logo garuda merah. Mahfud kini tampil berbatik

Saat hadir dalam rapat rekapitulasi suara yang digelar sejak pukul 12.00 WIB di Rumah Polonia, Jl Cipinang Cempedak, Jaktim, Selasa (22/7), Mahfud tak banyak berkomentar.

Bahkan yang mengejutkan Mahfud mengumumkan secara resmi menyerahkan mandat jabatan sebagai ketua tim kampanye nasional kembali pada tim Prabowo. Dia mengaku sudah gagal mengantarkan pasangan itu sebagai pemenang pilpres.

"Saat ini, Pak Mahfud bukan lagi bagian dari tim pemenangan nasional. Beliau telah mundur terhitung hari ini. Karena saat ini sudah memasuki ranah hukum bukan pemenangan kembali," kata koordinator relawan, Amazon Dali Munthe.

"Ketua tim perjuangan merah putih akan digantikan Yunus Yosfiah, Djoko Santoso dan George Toisutta," tambahnya.

Dalam pidato Prabowo terkait penyikapan Pilpres, Mahfud sempat mendampingi di bagian belakang. Lalu dia menyerahkan mandat ketua tim pemenangan dalam rapat ke Prabowo. Setelah itu, dia pergi meninggalkan Polonia tanpa banyak komentar.

Kabar pecah kongsi Mahfud dengan Prabowo ini buru-buru dibantah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Menurutnya, Mahfud bukan memundurkan diri tetapi sesuai dengan kesepakatan masa kerja Ketua Tim Pemenangan hanya hingga 22 Juli 2014.

"Perlu saya klarifikasi, beliau memang sebagai timkamnas sampai 22 Juli," kata Fadli di Rumah Polonia, Cimpedak, Jakarta Timur, Selasa (22/7).

Karena itu, Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta ini mengatakan Prabowo sudah menyampaikan terimakasih kepada Mahfud karena sudah bersedia berjuang dalam Pemilu Presiden ini.

"Tadi malam beliau (Prabowo) sudah mengucapkan terima kasih kepada pak Mahfud karena telah berjuang sekuat tenaga," kata Fadli.

Fadli pun mengklaim bahwa Mahfud MD tidak gagal mengantarkan kemenangan untuk pasangan yang diusung koalisi Merah-Putih ini. "Ini bukan sebuah kegagalan Mahfud, tapi karena kecurangan,"ujarnya.

Fadhli melanjutkan, meskipun sudah tidak menjabat sebagai ketua tim pemenangan lagi, Prabowo bersama Mahfud juga menyatakan masih segaris dengan perjuangan koalisi merah putih."Jadi tidak ada masalah dengan Pak Mahfud," tegasnya lagi. (dtc)

BACA JUGA: