Dari apa yang ribuan kasus korupsi, narkoba, pengrusakan hutan, dan lain sebagainya yang menyangkut kehidupan dan uang sangat besar, saya menarik kesimpulan jika ingin jadi penjahat, jadilah penjahat besar. Jangan tanggung-tanggung karena dengan menjadi penjahat besar akan mudah berkelit dari hukuman dan jikapun dihukum akan mendapatkan hukuman yang sangat ringan dengan cara membagi-bagikan uang hasil kejahatan. Bandingkan dengan penjahat kelas teri yang hukumannya bisa lebih berat karena tidak punya koneksi dan tidak punya uang.
 
Tulisan ini tidak menganjurkan untuk menjadi penjahat kelas kakap tapi sebagai ungkapan prihatin rakyat kecil terhadap yang terjadi saat ini. Tidak ada upaya yang sungguh-sungguh dari orang yang mempunyai kemampuan untuk menindak penjahat kelas kakap yang telah merugikan masyarakat, bangsa, dan negara.
 
Pengamatan saya selama ini hampir semuanya bermain cari untung dan cari selamat sendiri masa bodoh terhadap musibah dan kerugian yang menimpa negeri ini. Mau duit rakyat dikorupsi, mau rakyat menderita akibat narkoba, mau rakyat dirampok dan ditipu pengusaha kakap, mau rusak alam lingkungan, mau kekayaan alamnya dicuri  dan lain sebagainya masa bodoh yang penting yang punya kemampuan ataupun yang punya wewenang menindak ini dapat untung, selamat dan hidup sejahtera.
 
Kepedulian saya terhadap tanah tumpah darah yang saya cintai ini hanya bisa saya ungkapkan melalui surat pembaca.


Hormat Saya
 
Khoe Seng Seng

BACA JUGA: