Dengan bertemankan hembusan angin segar dalam suasana musim dingin yang mulai menyelimuti kota Wakrah yang merupakan bagian dari negara Qatar. Tidak kurang lebih dari 30 orang peserta telah menghadiri workshop bersama yang diselenggarakan oleh tim www.forumkita.org. Dalam workshop bersama yang dihadiri oleh rekan rekan yang bekerja baik di sektor Minyak dan Gas, Konstruksi, serta anak anak yang masih sekolah.

Workshop bersama dengan tema pengenalan komputer yang disampaikan oleh tim gabungan pakar komputer menjelaskan tentang apa saja yang berubungan dengan komputer baik komponen hardware, software dan fungsinya. Acara yang dilangsungkan hampir 5 jam mulai pukul 14.00 sore - 19:00 waktu Qatar disertai praktek bersama dengan pembagian group yang masing masing groupnya dipandu oleh tim IT forumkita. Para peserta dibagi menajdi rmpat group dengan masing masing disediakan komputer dari para sponsor dan juga beberapa peserta untuk praktek.

Tim dan peserta mempraktekan langsung bagaimana cara yang benar untuk melepas hardware agar tidak merusak komponen komputer lainnya. Praktek berlangsung sangat menarik dan diselingi dengan bercanda agar praktek tidak membosankan dan tetap menarik.

Para peserta juga diajarkan bagaimana merawat komponen komputer dengan cara membersihkan kotoran dan debu dengan kuas kecil agar komputer bisa terawat dan tidak merusak komponen komponennya karena kotor.

Proses untuk pelepasan dan pemasangan kembali komponen komponen Komputer memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dikarenakan beberapa model komponen Komputer mempunyai perbedaan model dan jenisnya. Dalam praktek bersama tersebut diskusi tanya jawabpun tetap berlangsung dan tim IT Komputer dengan sigapnya menjelaskan setiap pertanyaan pertanyaan dari peserta.

Workshop komputerpun berjalan lancar dan melalui kesan dari peserta sangat mengharapkan adanya kelanjutan workshop yang rutin sampai betul betul bisa sampai merakit komputer. Beberapa peserta khususnya dari kontraktor konstruksi menyampaikan akan memulai untuk menyicil membeli komponen komponen Komputer untuk praktek perakitan komputer dengan dipandu tim IT Komputer forum kita.

Tim forumkita menjelaskan bahwasannya kedepannya apabila ada masukan masukan mengenai workshop apa saja yang bisa langsung diapplikasikan dan diterapkan yang bermanfaat pada saat pulang ke Indonesia bisa disampaikan langsung agar bisa diatur dan disesuaikan dengan jadual kerja dan sumber yang dimiliki.

Acara workshop bersama ditutup dengan makan malam bersama dengan konsumsi yang disediakan oleh beberapa sponsor baik dari Bank BNI representative Qatar, Restaurant spesial tahu Cake and Rest Qatar dan juga Dinta Tours and Travels Jombang, Jawa Timur Indonesia sambil membahasa mengenai workshop yang sudah selesai laksanakan bersama.

Semoga workshop ini bisa bermanfaat dan menjadi sumbangsih bagi sesama WNI di Qatar dalam menggapai cita cita bersama dalam rangka menuju TKI sukses dan Mandiri karena kami bekerja ke luar Negeri bukanlah hanya sekedar bekerja untuk mendapatkan uang dan dikirim ke sanak keluarga setiap bulan namun juga apabila sautu hari nanti kembali ketanah air tercinta, Indonesia bisa membawa skill dan kemampuan yang bisa bermanfaat baik pribadi, keluarga dan masyarakat. Sallam sukes TKI***

BACA JUGA: