JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama Kemenkokesra, KNRT, KKP, Kementan, Kemenkes, Bappenas, dan BP POM menggelar acara Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi X Tahun 2012 yang mengusung tema ´Pemantapan Ketahanan Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat Berbasis Kemandirian dan Kearifan Lokal´ pada di auditorium LIPI, Jalan Gatot Subroto 10, Jakarta, 20-21 November.

Demikian seperti disampaikan Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenristek Anny Sulaswatty kepada redaksi melalui perangkat seluler, Jakarta, Senin (19/11).

Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi sendiri adalah forum ilmiah yang diselenggarakan empat tahunan sejak 1968. Forum ini membahas isu-isu dan perkembangan akademis di bidang pangan dan gizi nasional, juga mendiskusikan kebijakan dan strategi pembangunan terkait erat dengan aspek pangan dan gizi.

Tujuannya untuk membahas berbagai isu dan kondisi terkini, merumuskan strategi pemantapan pembangunan ketahanan pangan dan gizi, serta penyusunan rekomendasi nasional tentang kebijakan pemantapan pembangunan ketahanan pangan dan gizi.

Materi yang dibahas dalam forum ini dibagi dalam 4 sub tema, yaitu: Gizi dan Kesehatan; Ketersediaan dan Aksebilitas Pangan; Mutu Gizi, Konsumsi dan Keamanan Pangan; dan Kelembagaan, Kebijakan dan Teknologi. UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, mengamanatkan bahwa perbaikan mutu gizi dilakukan melalui perbaikan pola konsumsi pangan yang sesuai dengan gizi seimbang. Selanjutnya pemerintah bertanggung jawab menetapkan standar angka kecukupan gizi dan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran gizi masyarakat.

BACA JUGA: