Jakarta - Setelah sempat terhenti beroperasi pada awal April lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, rencananya akan kembali mengoperasikan 15 unit Armada Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) jurusan Pulogadung-Bekasi, Sabtu (21/4) besok. Agar tidak menuai protes, mulai besok, rute APTB ini akan dialihkan.

Adapun sasaran APTB ini yakni warga Bekasi yang sehari-hari menggunakan sepeda motor maupun mobil menuju Jakarta. Sehingga dengan kehadiran APTB, diharapkan dapat mengurai kemacetan di ibu kota.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono menegaskan, mulai pukul 06.00 WIB, sebanyak 15 unit APTB akan dioperasikan kembali. "Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya sudah siap mengamankan pengoperasian APTB untuk mengurai kemacetan, khususnya di wilayah ibu kota," ujar Udar Pristono, di Jakarta, Jumat (20/4).

Rute baru yang akan ditempuh yakni dari Terminal Pulogadung menuju Jl Perintis Kemerdekaan dan Jl Ahmad Yani. Lalu, masuk tol dalam kota arah Cawang dan di Halim masuk tol Jakarta-Cikampek dan keluar di Tol Bekasi Barat. Kemudian, bus langsung menuju Terminal Bekasi. Sedangkan rute sebelumnya, dari Terminal Pulogadung, bus melintasi Jl Raya Bekasi dan masuk tol JORR di cakung. Kemudian masuk tol Jakarta-Cikampek dan keluar di tol Bekasi Timur untuk selanjutnya menuju Terminal Bekasi. Di rute inilah, APTB kerap diprotes oleh awak angkutan kota setempat.

Diungkapkan Pristono, jumlah warga Bekasi yang sehari-hari melakukan aktivitasnya di Jakarta mencapai sekitar 423 ribu. Dari jumlah itu, 51% diantaranya menggunakan sepeda motor dan sisanya sebanyak 29% menggunakan mobil. Sehingga total pengguna kendaraan pribadi sebanyak 80%.  "Selebihnya yakni sebanyak 16% menggunakan angkutan umum jenis bus dan angkot serta sebanyak empat persen menggunakan angkutan kereta api," pungkas Udar, seperti dikutip laman beritajakarta.com.

BACA JUGA: