Jakarta - Banyaknya warga Jakarta yang akan merayakan pesta pergantian tahun di Ancol, dipastikan menyisakan tumpukan sampah yang tidak sedikit. Warga yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak akan diberi hadiah saat acara bersih sampah di Pantai Karnaval Ancol, Minggu (1/1).

"Masyarakat yang mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapat doorprize,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Jakarta, Sabtu (31/12).

Fauzi mengakui, petugas kebersihan memang mampu untuk menyelesaikan persoalan tumpukan sampah seusai perayaan detik-detik pergantian tahun. Tapi pembersihan sampah itu akan lebih cepat jika masyarakat ikut berpartisipasi. Karena itu, pengunjung Ancol akan dilibatkan membersihkan sampah dengan diberi kantong plastik.

“Masalah tiap habis Tahun Baru, sampah di mana mana. Kita akan ajak masyarakat untuk berpartisipasi membersihkan sampah-sampah itu,” kata Foke, sapaan karibnya.

Foke menyebutkan, pada pergantian tahun 2009 ke 2010 lalu, tercatat volume sampah di kawasan Ancol mencapai 120 meter kubik. Peningkatan volume sampah tidak hanya terjadi di kawasan Ancol saja, tetapi di setiap sudut Jakarta. "Saya imbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan," pungkas Foke, dikutip laman beritajakarta.com.

BACA JUGA: