Jakarta - Mudik Lebaran ternyata memberikan berkah buat mereka yang ditinggalkan. Salah satunya dialami oleh Cecep. Ketika warga di Menteng, Jakarta Pusat, mudik ke kampung halaman, ia ketiban rezeki dengan mendapatkan job menjaga rumah-rumah mewah di Menteng.

Saat berbincang dengan gresnews.com di Jakarta, Senin (20/8), Cecep menceritakan, upah yang diperoleh untuk menjaga rumah-rumah kosong itu adalah Rp75 ribu per hari selama seminggu. "Total yang didapat per rumah Rp525 ribu," ungkapnya.

Menurut dia, pendapatan itu cukup lumayan untuk membeli keperluan pokok sehari-hari. "Walaupun risikonya lebih besar daripada upah yang saya dapat," tuturnya.

Kendati demikian, Cecep mengatakan ia tetap berkoordinasi dengan petugas keamanan komplek dan pihak RT/RW setempat untuk menjamin keamanan.

Kecamatan Menteng terletak di Jakarta Pusat. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Gambir di sebelah utara, Kecamatan Tanah Abang di sebelah barat, Kecamatan Matraman di sebelah timur, dan Kecamatan Setiabudi di sebelah selatan.

Menteng merupakan tempat domisili banyak pejabat tinggi negara serta kedutaan besar negara-negara sahabat. Jalan Thamrin, yang merupakan jantung kota Jakarta, terletak di bagian barat Kecamatan Menteng.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Menteng menjadi daerah elite di Jakarta. Banyak tokoh penting dan konglomerat ternama tinggal di wilayah tersebut, termasuk tokoh proklamator Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. Selain kedua tokoh tersebut, yang berdomisili disini adalah Soeharto, Mohammad Natsir, A.H Nasution, Ali Sadikin, Rosihan Anwar, Subandrio, Kemal Idris, dan Soedarpo Sastrosatomo. Menteng juga menjadi tempat tinggal masa kanak-kanak Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama. Beliau pun pernah menuntut ilmu di sekolah-sekolah lokal yakni SDN Besuki dan SD Santo Fransiskus Assisi.

BACA JUGA: