JAKARTA, GRESNEWS.COM - Kisruh pengelolaan sepakbola nasional berdampak sistemik kepada para pemain klub. Salah satu persoalan serius yang seringkali luput dari perhatian pemerintah adalah sikap manajemen klub yang kerap menunda pembayaran gaji pemain.

Anggota Tim Ad Hoc Sinergis PSSI Effendi Ghazali mengatakan selama ini para pemain sepakbola di liga Indonesia belum sejahtera. Salah satu parameternya banyak pengelola klub sering menunggak gaji pemainnya.

Effendi mendesak pemerintah untuk segera menindak klub yang terbukti melakukan hal tersebut melalui sistem pengurangan poin. "Dalam satu bulan gaji pemain ditunggak, pemerintah harus kurangi tiga poin klub bersangkutan. Ini langkah tegas yang perlu dilakukan agar nasib pemain tidak terabaikan," kata Effendi, Sabtu (25/4).

Ia menjelaskan langkah tersebut sebagai upaya preventif sekaligus memberikan efek jera kepada manajemen klub supaya tidak menunda pembayaran gaji pemain. Kini saatnya pemerintah melalui Kemenpora harus bersinergi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menindak setiap klub yang menunggak gaji pemain. Untuk itu, Ia berharap ketegangan PSSI dan Kemepora saat ini harus secepatnya diselesaikan agar perlindungan hak pemain dapat tercapai.

Pada kesempatan yang sama, Ketua II JakMania Kaltim Aliet mengatakan sepakbola Indonesia harus diperbaiki terutama nasib pemain. Menurut Kaltim, pemenuhan hak pemain akan berdampak positif kepada iklim kompetisi yang berkualitas dan prestasi sepakbola Indonesia.

"Pemerintah harus melancarkan kompetisi sepakbola nasional dengan memenuhi hak para pemain," kata Kaltim.

Selain mendesak adanya tindakan nyata pemerintah, Kaltim juga menuntut agar adanya kepastian dari Kemenpora terkait jadwal bergulirnya kompetisi ISL Tahun 2015/2016.

Menurut Kaltim, banyak pihak yang telah dirugikan pasca penundaan tersebut dimana dampak sistemik yang ditimbulkan tidak hanya kepada pemain dan manajemen klub tetapi juga para pedagang. Ia berharap pemerintah segera memberikan kejelasan jadwal ISL dan memastikan kompetisi segera kembali bergulir.

"Kami sebagai suporter ingin liga secepatnya kembali bergulir. JakMania ingin menyaksikan tim Persija kembali berlaga di pentas ISL musim ini," ucapnya.

BACA JUGA: