Proyek Panas Bumi Gunung Lawu Terhadang Penolakan Warga

Minggu, 14 Mei 2017, 18:00:50 WIB - Sosial

Penolakan ekplorasi Gunung Lawu.


IZIN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN - Menanggapi banyaknya penolakan atas rencana pembangunan proyek panas bumi ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, sempat menyampaikan bahwa pihaknya memang telah mengizinkan eksplorasi panas bumi di Gunung Lawu tersebut.

Namun izin tersebut diberikan dengan catatan bahwa eksplorasi tidak dilakukan di hutan berstatus cagar alam dan taman nasional. Siti juga menyampaikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perlu mengecek eksplorasi untuk lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Gunung Lawu.

"Kalau menurut aturan harusnya enggak masalah. Tapi saya harus lihat lagi. Belum tahu persis. Kalau yang diminta cagar alam artinya di inti, kami harus cek. Kalau bisa diturunkan [status hutan yang diekplorasi]," ujarnya saat menjawab pertanyaan wartawan medio 2016 lalu.

Ia menjelaskan bahwa hutan memiliki kategori yang berlapis-lapis. Ada yang sama sekali tidak boleh diapa-apain, namanya cagar alam dan di bawahnya taman nasional. Seluruhnya kami sebut area konservasi. Kalau di bawah dua hutan itu bisa. "Kalau [ada eksplorasi] di cagar alam harus kami lihat dulu," Ujarnya.


Baca selanjutnya: 1 2

Komentar